Bimbingan Ubah Ban Mobil Sendiri dengan Nyaman serta Mudah

Ganti ban mobil – terdengar sepele, tetapi hendak susah dicoba pengemudi pendatang baru ataupun apalagi perempuan. Nah, berikut bimbingan ubah ban mobil yang nyaman serta gampang dicoba siapa saja.

Salah satu komponen yang sangat berarti dalam suatu mobil merupakan ban. Terlebih guna utamanya sangat krusial, mengingat ban sangat berkaitan langsung dengan gerak laju mobil itu sendiri.

Sebab itu, ban mobil bocor dapat terjalin kapan serta dimana saja. Jadi, Kamu selaku owner mobil wajib bersiap dengan kondisi tersebut. Walaupun begitu, bukan berarti perihal ini tidak dapat dicoba sendiri.

Buat itu, metode bawah mengubah ban mobil telah sepatutnya dipunyai oleh seluruh pengemudi supaya bisa lekas melaksanakan aksi darurat kala itu terjalin di jalur.

Memanglah, mengubah ban mobil ialah proses yang meletihkan serta pula memakan waktu lama sehingga hendak menaikkan waktu tempuh dikala berkendara. Tetapi, bila telah menguasai tekniknya, proses penggantian ban hendak terasa lebih gampang.

Nah, berikut bimbingan ubah ban mobil yang nyaman serta gampang dicoba siapa saja. mobil di bahu jalan

Menyudahi dengan aman

Bila seketika ban mobil bocor, kempis ataupun apalagi rusak dikala Kamu lagi berkendara, jangan panik serta langsung menyudahi tiba- tiba. Jangan pula langsung menyalakan lampu hazard.

Jelas, perihal ini hendak beresiko untuk Kamu serta pengemudi mobil yang lain yang terdapat di balik.

Dikala Kamu di lajur kanan, lekas mengurangi kecepatan lama- lama kemudian nyalakan lampu sein kiri serta pindah jalan sampai ke jalan darurat ataupun tempat menyudahi yang nyaman. Dikala mobil telah menyudahi sempurna di tempat nyaman, dengan permukaan yang datar serta tidak licin, Kamu boleh menyalakan hazard selaku indikator kondisi darurat.

Sehabis itu, posisikan tuas transmisi di posisi P( parkir) buat mobil yang bertransmisi otomatis ataupun posisi R( mundur) buat mobil bertransmisi manual buat menahan ban biar tidak bergerak kala lagi mencopot baut ban. Sepanjang proses penggantian ban, yakinkan seluruh penumpang turun dari mobil supaya beban tidak meningkat, serta pula matikan mesin mobil.

Pasang segitiga pengaman

Saat sebelum keluar dari mobil, perhatikan kondisi di balik supaya Kamu pintu mobil tidak tersambar mobil lain yang melaju kencang dari balik.

Terakhir, jangan kurang ingat pasang segitiga pengaman. Jarak nyaman buat memasangnya merupakan 3 m dari mobil dikala jalanan padat serta 10- 30 m dalam keadaan jalur ramai.

Sedangkan apabila di lajur darurat di jalur tol, pemasangan segitiga pengaman ini jarak idealnya minimun 100 m dari posisi mobil menyudahi.

Setelah itu jarak segitiga pengaman, dari samping mobil tidak boleh lebih dari 40 cm.

Bunyi pasal tersebut, tiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang tidak memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, ataupun isyarat lain pada dikala menyudahi ataupun parkir, dalam kondisi darurat di jalur, dipidana kurungan sangat lama 2 bulan ataupun denda sangat banyak Rp 500. 000.

Perlengkapan yang dibutuhkan

Langkah awal yang wajib Kamu jalani saat sebelum mengubah ban mobil sendiri merupakan dengan mempersiapkan bermacam perlengkapan yang diperlukan.

Kamu ditentukan tidak dapat mengubahnya bila tidak mempunyai perlengkapan yang diperlukan, semacam kunci roda, dongkrak mobil, serta nyatanya ban cadangan.

Tidak terdapat salahnya pula apabila memiliki tire repair kit serta kompresor portable, supaya Kamu bisa menambal ban yang bocor sendiri. Tire repair kit sangat sesuai buat dibawa berpergian dengan mobil, terlebih dikala berpergian jauh semacam mudik ataupun road trip.

Supaya tidak kelupaan, hendaknya perlengkapan ini wajib Kamu simpan terus di bagasi mobil. Sehingga, kala wajib mengubah ban, Kamu tidak butuh repot mencarinya di tempat lain.

Dongkrak buat mengangkut mobil ini terdapat 3 tipe, dongkrak gunting, dongktak botol, serta dongkrak buaya, begitulah sebutannya. Dongkrak gunting ialah salah satu tipe dongkrak mekanis yang universal ditemui, umumnya jadi toolkit standar bawaan mobil.

Kelebihan dongkrak ini merupakan dengan ukurannya yang kecil jadi tidak memakan tempat. Penjaannya juga gampang, lumayan melumasi ulirnya dengan oli secara teratur. Metode memakainya sangat simpel, ialah dengan metode memutar poros ulir yang terletak di tengah- tengah dongkrak searah jarum jam buat mengangkut mobil. Sebaliknya buat merendahkan mobil dengan metode memutar ulir bertentangan arah jarum jam.

Cek keadaan ban cadangan

Berikutnya, keluarkan ban cadangan dari bagasi ataupun tempat penyimpanannya. Cek pula keadaan ban cadangan tersebut, paling utama tekanan anginnya. Tetapi, buat berjaga- jaga, lebih baik jalani perihal ini saat sebelum berkendara.

Nah, apabila keadaan ban cadangan juga tidak membolehkan buat digunakan, Kamu dapat menambal sendiri ban yang bocor. Semacam yang diucap di atas, tidak terdapat salahnya apabila Kamu memiliki serta senantiasa bawa tire repair kit serta kompresor portable. Buat menambal ban, spesialnya tipe tubeless, triknya lumayan gampang. Awal temukan lubang pada ban kemudian tandai serta bilas.

Langkah kedua, lubangi titik kebocoran memakai perlengkapan pelubang ban. Apabila ban telah dilubangi, saatnya Kamu memasukkan penambal ban yang dibuat dari karet memakai perlengkapan pengait.

Mengendurkan baut ban bila seluruhnya telah siap, saatnya eksekusi.

Kendurkan baut ban saat sebelum mobil dinaikan dengan dongkrak supaya pekerjaan jadi lebih gampang. Triknya, putar baut bertentangan dengan arah jarum jam.

Sedikit trik supaya baut ban lebih gampang dikendurkan merupakan dengan mengendurkan baut ban yang berseberangan. Ulangi proses ini hingga seluruh baut sudah berakhir dikendurkan.

Tetapi butuh Kamu perhatikan, jangan hingga baut ban hingga terlepas, lumayan longgar saja.

Pasang dongkrak

Bimbingan ubah ban mobil yang nyaman serta gampang dicoba siapa saja selanjutnya merupakan memasang dongkrak.

Posisikan kepala dongkrak pada titik tumpuan mobil. Petunjuk posisi titik tumpu dongkrak bisa Kamu amati di dalam novel panduan mobil.

Umumnya, pada mobil penciptaan massal, titik tumpu telah didetetapkan dari pabrik serta berupa lekukan ataupun lubang yang jadi pendamping dari kepala dongkrak sehingga hendak memegang dengan kokoh kala mobil dinaikan.

Sebaliknya jenis sasis pada tipe SUV, pick up, serta truk, titik tumpu bagian depan terletak di bagian cross member ataupun bagian rangka penompang mesin, serta di bagian balik pada rumah axle.

Buka seluruh baut ban

Sehabis bagian mobil terangkat, lepas baut ban yang telah dikendurkan tadi.

Yakinkan seluruh baut terlepas dengan sempurna serta dikumpulkan di satu tempat yang sama. Jangan hingga nantinya terdapat yang lenyap, sehingga mengusik proses pemasangan ban cadangan.

Hati- hati kala merendahkan ban dari dudukannya sebab bobot ban cukup berat.

Pasang ban cadangan

Proses serta bimbingan ubah ban mobil yang nyaman serta gampang dicoba siapa saja selanjutnya merupakan mulai memasang ban cadangan.

.

Ottoban Caman

Ottoban Caman Menyediakan Velg dari AMW Wheel dan Ban Mobil Berkualitas Terbaik dari Toyo Tires, Accelera, Forceum, Zeetex, Landsail, Delinte, GT Radial dan Michelin.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×

Hallo!

Klik Ikon Dibawah Untuk Terhubung Dengan Marketing Kami

× Live Chat WA